Persib Bandung Siap Tampil di Liga Champions Asia 2018

Post a Comment
Persib Bandung Siap Tampil di Liga Champions Asia 2018
Persib Bandung Berpeluang Tampil di Liga Champions Asia 2018 jika Tiga Besar Klasemen Liga 1 bertahan hingga akhir kompetisi.

PERSIB Bandung berpeluang tampil di Liga Champions Asia (AFC Champions League) 2018 jika tiga posisi teratas di klasemen sementara Liga 1 2017 saat ini bertahan hingga akhir kompetisi.

Saat ini tiga tim teratas klasemen Liga 1 adalah Bhayangkara FC, Bali United, dan Madura United.

Andai Bhayangkara menjadi juara, klub korps polisi itu belum berhak atas kesempatan tampil di LCA lantaran belum genap berusia dua tahun. Bali United dan Madura United pun punya kendala sama.

Kans besar untuk mewakili Indonesia di Liga Champions Asia 2018 ada di tangan Persipura Jayapura dan Persib Bandung. Karena keduanya berstatus sebagai tim peringkat dua besar di Liga Super Indonesia 2014 atau di kompetisi resmi Indonesia sebelum Liga 1.

"Kami siap jika dipercaya tampil di Liga Champions Asia. Persib akan mempersiapkan semuanya," kata manajer Persib Umuh Muchtar dikutip Republika, Selasa (10/10).

Sebenarnya, Persipura punya kans lebih besar untuk tampil di Liga Champions Asia 2018. Namun, Mutiara Hitam terang-terangan menolak peluang tersebut andai mereka gagal finis di dua besar klasemen akhir Liga 1 2017. 

Liga Champions Asia
Persipura sementara masih di peringkat lima dengan nilai 50. Terpaut sembilan angka dari Bhayangkara FC.

Persib Bandung sudah lama tidak merasakan tampil di Liga Champions Asia. Terakhir kali Maung Bandung ikut gelaran turnamen antar klub terbesar di Benua Asia itu adalah pada 1995. Kala itu Persib berhasil mencapai perempat final.

Pasca menjadi juara Liga Super 2014, Persib tidak dapat tampil di Liga Champions Asia 2015 karena PSSI terlambat mendaftarkan perwakilan untuk Indonesia. Ketika itu internal PSSI sedang bermasalah yang berujung pada sanksi dari FIFA selama hampir tiga tahun.

Menurut Umuh, Persib Bandung pantas mewakili Indonesia di Liga Champions Asia 2018 karena selain masih berstatus juara bertahan, mereka juga punya nama besar dan basis suporter yang kuat. 

"Sampai sekarang Persib masih juara bertahan. Persib punya nama besar," ujar Umuh.

Jika nantinya mewakili Indonesia di Liga Champions Asia, Persib siap membenahi berbagai hal meliputi teknis dan non-teknis. 

Umuh menegaskan, Persib akan mematangkan skuat karena Liga Champions Asia adalah turnamen yang ketat. Persib berpeluang melawan klub-klub langganan juara dari Cina, Jepang, Korea Selatan dan klub dari negara-negara Timur Tengah.

Selain itu, Persib juga siap untuk membenahi fasilitas tim, seperti stadion, panitia pelaksana, hingga hal-hal lain untuk mengakomodasi tim tamu. "Semua harus kami persiapkan. Termasuk untuk urusan mengirim tim ke luar negeri," ujar Umuh.

Saat ini Persib Bandung hanya menempati posisi 11 klasemen Liga 1 usai rentetan hasil imbang di laga kandang dan tandang. Bahkan, Maung Bandung harus berjuang menghindari zona degradasi karena tampil tidak konsisten selama Liga 1 2017.*

Related Posts

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *