Tarif TMB Satu Rupiah Bayar Gunakan Kartu Brizzi

Post a Comment
Tarif TMB Satu Rupiah Bayar Gunakan Kartu BRIZZI
Bus Trans Metro Bandung (TMB). Foto: bandung.go.id
BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan layanan tarif khusus bus Trans Metro Bandung (TMB) tarif khusus Rp1 (satu rupiah).

Tarif TMB satu rupiah ini diberikan kepada kalangan buruh, guru honorer, veteran, dan kaum disabilitas.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, tarif ini bukan harga promosi, namun diberlakukan secara permanen.

Selain menjadi program layanan, harga khusus satu rupiah ini juga menjadi upaya Pemkot Bandung untuk menekan jumlah pengguna kendaraan pribadi.

“Mudah-mudahan terbantu dengan pemberlakun tarif tersebut. Mudah-mudahan dapat beralih ke transportasi umum. Berlakunya mulai hari ini, mesin tappingnya sudah tersedia,” kata Yana dikutip Pikiran Rakyat, Kamis (8/8/2019).

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menjelaskan, layanan tarif khusus ini dapat digunakan di empat koridor TMB:
  1. Koridor 1 Jurusan Cibiru-Cibeureum
  2. Koridor 2 Jurusan Cicaheum-Cibeureum
  3. Koridor 3 Jurusan Cicaheum-Sarijadi 
  4. Koridor 4 Jurusan Leuwipanjang-Antapani.

Harga khusus tarif TMB juga berlaku untuk siswa SD dan SMP di Kota Bandung dengan tarifnya Rp 1.000.

Seluruh layanan harga khusus ini bisa dinikmati melalui pembayaran menggunakan kartu elektronik, Brizzi.

Jam Berlaku

Tarif khusus TMB ini berlaku di jam tertentu. Di luar jam tersebut berlaku tarif normal sebesar Rp3000.
  1. Pelajar dan guru honorer: 05.00–07.00 WIB, Pukul 10.00-12.00 WIB, dan Pukul 15.00-18.00 WIB. 
  2. Buruh/pekerja: 05.00 -08.00 WIB dan 15.00-19.00 WIB
  3. Disabilitas dan veteran berlaku sepanjang waktu.

Kartu Brizzi

Kartu Brizzi
Untuk memperoleh layanan ini, harus memiliki kartu Brizzi.

Buruh, guru honorer, pelajar, kaum disabilitas, dan veteran yang ingin mendapatkan layanan tarif TMP Rp1 ini harus registrasi dulu ke Dishub Kota Bandung.

Registrasi dapat dilakukan di Kantor Dishub Kota Bandung Jalan Stadion GBLA Gedebage.

Kartu Brizzi merupakan produk Bank BRI. Sistemnya Tap On Bus.

Dishub Kota Bandung membuka kemungkinan kerja sama dengan bank lain di masa mendatang.

Kartu BRIZZI berisi uang elektronik yang sebagian fungsinya sama dengan kartu Debit dan Kredit, yaitu dapat dijadikan sebagai alat belanja nontunai di berbagai tempat atau merchant yang menyediakan mesin EDC.

Kartu BRIZZI hanya bisa diisi ulang secara terpisah dari rekening bank, tidak seperti kartu debit ATM, juga berbeda pula dangan kartu kredit yang sebenarnya kita berutang dulu kepada bank.

Dikutip daris situs resmi BRI, BRIZZI adalah Uang elektronik BRI, sarana pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Transaksi dilakukan berdasarkan teknologi chip dengan saldo maksimal Rp 1.000.000.

Keuntungan Memiliki Kartu BRIZZI

  1. Dapat dimiliki oleh siapapun (tanpa harus memiliki rekening BRI).
  2. Nilai uang di dalam kartu dapat diisi ulang/Top Up (via EDC maupun ATM)
  3. Isi ulang Brizzi dapat melalui rekening BRI maupun Bank lain.
  4. Dapat digunakan di merchant yang sudah bekerjasama dengan BRI.
  5. Mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp 1,- sampai dengan Rp 1.000.000,-
  6. Transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, tidak melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai dan tidak direpotkan dengan uang recehan.

Kartu prepaid BRIZZI juga diimplementasikan di sistem e-ticketing KCJ, juga terintegrasi sebagai media bayar di transportasi umum lainnya, seperti TMB, Transjakarta, TransJogja, Batik Solo Trans, Trans Pekanbaru.

BRIZZI dapat digunakan sebagai media pembayaran sehari-hari di berbagai merchant seperti Carefour, Hypermart, Indomaret, Lawson, Alfamart, foodcourt, SPBU, PERTAMINA, jasa transportasi, pembayaran tol, sebagai alat pembayaran parkir ISS, pembayaran sarana public airport tax, resto, dan merchant-merchant lainnya yang telah bekerjasama dengan BRI.

Kartu BRIZZI dapat di Top Up atau diisi ulang melalui seluruh e-Channel BRI (ATM, SMS Banking BRI, Internet Banking BRI), dan di EDC BRIZZI yang terdapat di merchant-merchant kerjasama BRIZZI.

Kartu BRIZZI BRI tersedia di Alfamart seharga Rp20.000 dalam keadaan kosong atau tidak ada saldo. Untuk pengisian saldo minimal di Alfamart dan Indomaret adalah 50.000 rupiah (berlaku kelipatan). Isi ulang Brizzi bisa di ATM BRI.

Moovit App

Rute dan jadwal TMB bisa dipantau melalui aplikasi Moovit. Dishub Kota Bandung telah menjalin kerja sama dengan PT Ganesha Media Nusantara agar Moovit secara resmi dapat beroperasi untuk memudahkan masyarakat.

Moovit App


Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis itu terintegrasi dengan dua rute bus TMB, yaitu koridor dua (Cicaheum-Cibeurem) dan koridor tiga (Cicaheum-Sarijadi). Koridor satu dan empat masih dalam proses.

Terdapat 126 trayek di Bandung Raya yang masuk dalam aplikasi Moovit. Selain TMB, Bus DAMRI serta sejumlah bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sudah masuk dalam aplikasi Moovit.*

Related Posts

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *